Rabu, 26 Juni 2013

Seputar Batik Indonesia


batik merupakan paduan dua kata dari bahasa jawa, yakni amba serta titik. amba bermakna melukis namun titik bermakna titik juga dalam bahasa indonesia. ada 2 pengertian lain yang juga dapat mewakili pengertian baju batik. pertama yaitu tehnik perwarnaan kain dengan sesuatu alat yang diberi nama malam. tengah makna ke-2 yaitu baju yang dibikin dengan tehnik tersebut. batik yang merupakan kesenian juga dapat disimpulkan sebagai seni menggambar diatas kain untuk pakaian.

batik indonesia sudah berkembang sejak abad 17. pada waktu itu batik tetap ditulis diatas daun lontar. motif batik tetap amat sederhana, yakni berbentuk wujud binatang serta tanaman. bersamaan perubahan zaman, motif baju batik jadi lebih bermacam layaknya saat ini. corak serta variasinya sesuai dengan filosofi serta budaya tiap-tiap tempat.

awal mulanya batik cuma digunakan di lingkungan keraton pada zaman dulu, lantas digunakan untuk acara resmi untuk pengganti jas. sesudah itu, batik digunakan oleh siswa sekolah sebagai baju seragam di hari jumat, dan juga sebagai seragam korpri. saat ini batik telah amat memasyakat serta dipakai sebagai baju sehari-hari.


type batik indonesia menurut tehnik pembuatannya terbagi dua, yakni :
batik tulis, yakni baju batik yang dalam proses pembuatannya kain yang dihias gunakan tangan. dikarenakan memakain tangan, maka pembuatan batik dengan tehnik ini memerlukan waktu yang cukup lama, yakni lebih kurang 2-3 bln., serta sebab itu harga kain batik lantas lebih mahal.

batik cap, yakni batik yang dibikin dengan tehnik cap untuk membuat ragam hiasnya. umumnya cap tersebut terbuat dari tembaga. sistem pembuatan dengan tehnik cap tambah lebih singkat, yakni 2-3 hari.

type batik indonesia dari sisi geografis terbagi jadi dua, yakni batik pesisir serta batik nonpesisir.
batik pesisir, yakni batik yang berkembang di tempat pesisir layaknya cirebon, pekalongan, madura, serta lasem. batik pesisir condong lebih bebas dalam mengekspresikan hiasannya. mereka tidak terpaku pada pakem dikarenakan dipengaruhi dengan budaya asing. motif yang berkembang diantaranya motif wujud hewan laut, bunga-bunga, motif berawarna cerah/berani, dan sebagainya.

batik nonpesisir, yakni batik yang berkembang di lebih kurang keraton layaknya yogyakarta serta solo. motif yang berkembang diantaranya sidomukti, sidoluhur, ceplok garuda, parang mangkoro, dan sebagainya.

apakah anda ketahui type batik apa yang anda gunakan ? apa pun itu, kita mesti bangga dengan batik indonesia. mari kita lestarikan berbarengan dengan jadikan batik indonesia sebagai pakaian kita sehari-hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar