Rabu, 26 Juni 2013

Makna Batik Indonesia di Masa Modern


Indonesia merupakan bangsa yang mempunyai banyak warisan budaya, terhitung batik indonesia. pemerintah mengimbau untuk memakai baju batik modern setiap 2 oktober sebagai bentuk rasa bangga serta terima kasih pada unesco yang sudah menetapkan batik sebagai warisan budaya milik bangsa indonesia dalam masterpiece of the oral and intangible heritage od humanity ( warisan kemanusiaan untuk budaya lisan serta nonbendawi ) pada 2 oktober 2009.

walau demikian, saat ini ini beberapa orang yang kenakan pakaian atau aksesori batik modern sekedar hanya turut mode tanpa tahu apa esensi serta hakikat dari seni batik itu sendiri. nah, anda jangan sempat ikut-ikutan layaknya bebek demikian. gunakanlah serta buat seni batik menurut hakikatnya, bukan hanya dikarenakan fashion batik sudah membludak.

karenanya, mari kita bicara terlebih dulu mengenai seni batik, dan arti batik itu sendiri di masa modern ini serta dalam pandangan secara tradisional.


seni batik indonesia merupakan di antara type seni yang amat populer nyaris di seluruh dunia. lokasi kepulauan indonesia merupakan lokasi asal terciptanya kesenian tersebut dikarenakan nyaris seluruh lokasi di indonesia menghasilkan kain serta aksesori berbentuk baju batik modern sebagai di antara seni yang dimiliki oleh masyarakatnya. walau setiap lokasi tersebut mempunyai kekhasan tiap-tiap yang bikin kita dapat membedakan pada seni batik tempat yang satu dengan seni batik dari tempat lain.

awal mulanya, seni batik merupakan sesuatu karya sebagai identitas untuk setiap lokasi penghasil batik saja. tetapi, dikarenakan nyaris seluruh lokasi di indonesia membuahkan seni type ini, maka tidak heran bila seni batik dapat populer sampai ke mancanegara sebagai identitas masyarakat indonesia.

sesudah masuknya seni batik ke dalam lokasi fashion serta kesenian didunia, barulah orang-orang indonesia gandrung memakai semua aksesori berbentuk batik. walau sebenarnya, pada mulanya mereka enggan memakai semua perihal yang berbentuk seni batik dikarenakan dikira amat kolot serta tidak trendy.

namun saat ini, memakai baju batik justru dikira sebagai fashion yang tak hanya menampilkan identitas warga negara indonesia, juga sebagai sisi dari fashion dunia dikarenakan seni batik ini telah berapa kali dipamerankan di arena jenis super didunia.

berlebihan kain batik yang dapat di nikmati sudah pasti yaitu beragam variasi gambar, catatan, serta warnanya, dan type kain yang dipakai. ada kain yang tidak tipis serta merasa agak kasar waktu digunakan, ada juga kain yang amat tidak tebal serta merasa dingin waktu digunakan. tetapi, biasanya, kain yang dipergunakan untuk melukis batik yaitu kain yang memiliki bahan basic katun atau dingin hingga tiap-tiap orang dapat memakainya setiap saat serta dimana saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar