Rabu, 26 Juni 2013

Makna Dan Arti Batik


gamis batik sarimbit
batik yaitu cara bikin bahan pakaian, terhitung tehnik pewarnaan dengan motif yang sangat banyak macamnya. batik sarimbit tulis yang terhitung dalam kelompok hand made menggunakan malam spesial dengan tehnik menulis yang juga spesial. arti asingnya, wax rasist dyeing hingga akhirnya mempunyai kekhasan. harga nya lalu relatif lebih mahal dari pada batik couple dikarenakan faktorhand made mengonsumsi waktu lebih lama. lantas, definisi pertama ini bukan hanya produknya, tetapi cara pembuatannya.

batik sarimbit yaitu kain yang dibikin lewat cara catat atau cetak menggunakan motif spesifik. definisi kedualah yang lebih popular di kelompok umur masyarakat serta penjual batik. dengan kata lain, produknya, bukan hanya cara membuatnya. tetapi, batik indonesia mempunyai arti kian lebih sebatas kain atau seni bikin atau menuliskan suatu hal diatas media. batik yaitu filosofi hidup orang indonesia yang tersimbolkan didalam seni tersebut hingga saat seseorang memunculkan kreasi batik, maka orang itu sudah merefleksikan sekalian menunjukkan kepribadian masyarakat indonesia, terhitung dirinya sendiri.


lantas, janganlah salah, bila anda memakai batik couple dengan maluu, itu tandanya anda malu jadi orang indonesia. sebaliknya, bila waktu memakai batik anda jadi bangga, itu tandanya anda tengah berupaya jadi orang indonesia yang sesungguhnya.

bisa dikatakan, pulau jawa yaitu sentral kelahiran serta perubahan budaya batik sampai saat ini, terlebih kota pekalongan, provinsi jateng. kota batik, sesuai namanya, sudah menghasilkan batik sejak 1800-an dengan perubahan cepat di banding tempat lain sesama produsen batik. batik di pekalongan sampai saat ini jadi home industry masyarakatnya, bukan hanya diproduksi oleh pengusaha besar dalam wujud industri atau pabrik.
walau saat ini banyak industri atau pabrik yang menghasilkan batik cetak dengan massal, kekhasan batik pekalongan, terlebih motifnya yang kaya dikarenakan pengaruh cina, belanda, arab, melayu, serta jepang yang dulu dulu jadi mitra dagang, jadikan batik pekalongan tidak kehilangan market share.

perihal itu dapat dibuktikan dengan sertifikasi dari badan penelitian serta pengembangan industri balai besar kerajinan batik pada 20 perajin batik pekalongan yang sudah senior. ini untuk membedakan keaslian serta kualitas pada batik catat serta batik cetak atau cap.

batik indonesia makin mendunia dengan diadakannya pemeran batik di beragam negara. contohnya, pameran batik koleksi maya soetoro ng yang tidak lain yaitu ibunda presiden amerika,obama. pameran tersebut diselenggarakan di drake hotel, chicago, amerika, sebagai di antara bukti bahwa batik indonesia siap untuk go international.

dalam dunia yang makin maju ini, seni batik indonesia mempunyai dua kemungkinan untuk dapat terus berkembang jadikan budaya indonesia dikenal luas oleh masyarakat dunia serta jadi bumerang untuk peradaban yang terus menekan kehidupan ekonomi, sosial, politik, serta budaya indonesia.

dalam dunia fashion batik modern, barangkali batik telah jadi daya tarik tersendiri yang bikin kita bangga dapat keberadaan batik di indonesia. walau demikian, di segi lain, penghargaan tersebut justru dapat jadi pedang yang membunuh kebudayaan negeri kita sendiri jika tidak digerakkan serta tidak dipelihara dengan baik.

contohnya saja, dengan tidak mengetahui batik dengan total, baik dari makna, arti, sistem pembuatan, sampai pemeliharaannya ( pemeliharaan dalam makna materi serta spiritual ), maka indonesia tak lagi dapat jadikan batik sebagai identitas budaya yang kedepannya jadi suatu hal yang amat dihargai oleh masyarakat luar negeri.

tidak sama dengan kesenian yang kita junjung tinggi sebagai suatu hal yang sakral hingga ada kesusahan spesifik yang dihadapi oleh orang lain waktu akan mendapatkan beragam hasil seni kerajinan tangan dari masyarakat indonesia.

kesusahan tersebut dapat bikin masyarakat luar menghargai nilai kebudayaan bangsa indonesia hingga indonesia tidak nampak sebagai penjual komoditas budaya sendiri, namun nampak sebagai masyarakat yang memelihara kebudayaan serta jati diri bangsanya.

oleh karena itu, tak ada salahnya bila dimulai dari saat ini kita bikin atau ikuti beragam kampanye untuk dapat memelihara kebudayaan indonesia, terhitung memelihara seni batik sarimbit yang dapat berikan kebanggaan tersendiri pada masyarakat indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar